10 Hal yang patut diketahui tentang virus komputer

Banyak hal yang kadang mengaburkan definisi virus komputer yang sebenarnya. Pemahaman yang benar sangat diperlukan terutama oleh kalangan awam. Tak jarang karena definisi yang terlalu dibesar” kan membuat orang sudah ngeri duluan untuk menghidupkan komputer. Agar tidak ada pemahaman yang salah dan anda tetap bisa mengoperasikan komputer dgn nyaman,10 apa itu virus komputer?

Virus komputer adalah sebuah program kecil yg bisa menggandakan dirinya sendiri dlm media penyimpan komputer.Virus juga bisa langsung ataupun tak langsung,menginfeksi,mengkopi maupun menyebar program file yang bisa dieksekusi maupun program yg ada di “sektor” dlm sebuah media penyimpan.Virus juga bisa menginfeksi file yg tdk bisa dieksekusi(file data) dgn menggunakan macros. Intinya kemampuan menempel dan menulari pd sebuah program virus juga bukanlah suatu kecelakaan ataupun kelemahan perangkat komputer karena pd dasarnya penulis virus kebanyakan jago menulis program komputer.

Mengapa disebut virus?

Uji coba kemampuan mereplika diri sendiri virus secara umum pertama kalinya dimunculkan pd 1960 untuk membuktikan sebuah teori yg ditulis pd 1949. Kata “virus” itu sendiri baru digunakan pd 1984 oleh Professor Fred Cohen yang artinya ? suatu bentuk yang mampun mereplika airinya sendiri?. Virus komputer baru muncul beberapa tahun kemudian sekitar tahun 1986-1987. Juluan virus untuk komputer ini memang tepat karena adanya persamaan sifat yg di miliki. Virus komputer seperti juga virus dlm dunia biologi sama-sama memiliki kemampuan untuk mereplika dirinya sendiri,sama” berukuran kecil dibanding korban yang diserang serta sama” butuh korban untuk tetap hidup.

Apakah dampak penularan virus?

Semua virus komputer pada akhirnya selalu meminta bagian dlm ruang media penyimpan,sebagian lainnya malah menyita ruang yang tersisa pd memori utk mempengaruhi kinerja komputer. Sebagai tambahan beberapa virus juga dibuat untuk memunculkan dampak yang sangat buruk pada komputer korban hingga memacetkan kerja komputer serta merusak file yang lain.Beberapa virus lainnya juga membuat kinerja memori jadi tdk stabil atau membuat beberapa aplikasi tdk bisa berjalan semestinya. Beberapa virus yg dibuat sekitar 8-5 tahin lalu malah memang sengaja ditujukan utk merusak file lain yang ada di dlm media penyimpan.

 

Advertisements

Hello world!

Gila karna Pengaruh Game Online

Gan,ane mau cerita nih. Ini peringatan buat yg main game online terus menerus,
Ane mau share tentang orang yg saking kecanduannya sama game online. Dia jadi gila,Berikut ceritanya

Halo semuanya, saya cuma mau share pengalaman aja. Kata orang sih segala sesuatu yang berlebihan gak baik, walaupun itu hobi sekalipun. Saya cerita ini sekaligus mencari sahabat masa SMP saya yang hilang entah kemana sampai saat ini. kira-kira juragan sekalian ada yang tahu dia dimana atau pernah menjumpai sosok sahabat saya ini.

Kejadian ini terjadi sekitar 3 tahun yang lalu, antara tahun 2006-2008. Namanya Noval. Sahabat saya dari kelas 1 SMP ini orangnya kurus, tinggi, putih dan tentunya baik. Waktu kelas 2 SMP, waktu itu lagi heboh-hebohnya PS 1 dan PS2, saya dan Noval sama-sama penggila game, tak pelak hampir tiap pulang sekolah bermain game di rental PS dekat sekolah. Akhir tahun 2007, saya iseng-iseng coba maen game online, waktu itu game CrossFire. Saya akhirnya ketagihan maen Crossfire dan mengajak Noval untuk main CF bareng.

Setelah 4 bulan bermain CF, akhirnya saya bosan, tapi si Noval ini malah makin gila CF. Tiap hari main CF, sampai-sampai sering bolos sekolah. Saya waktu itu sudah peringatkan dia untuk stop bermain CF karna waktu itu kami akan naikan kelas 3. Tapi si Noval ini tetap saja bermain CF.

Waktu terima raport kelas 2 semester terakhir, mama saya bertemu dengan ibunya Noval yang waktu itu dalam keadaan hamil dan ditinggal bapaknya Noval yang lagi bertugas ke Irian. Ibunya tampak sedih sekaligus marah, kata mama saya. Lalu mama saya bertanya kepada si ibunya Noval sebab mimik mukanya yang sedih dan marah itu. Ternyata si duit SPPnya Noval dari bulan Desember sampe Juni belum dibayarkan si Yuda, padahal ibunya sudah memberi rutin duit SPP itu setiap bulan. Akhirnya ibunya Noval harus membayar tunggakan 6 bulan SPP itu sebelum akhirnya si ibu bisa mengambil raport anaknya.

Mama saya lalu bercerita kepada saya. Tentu waktu itu saya marah, akhirnya saya ngomog ke dia untuk berhenti Maen CF. Tapi dasarnya tuh anak keras kepala, dia tetap saja pergi maen CF (tak tahu dapat duitnya dari mana). Semua teman saya menjauhi si Noval, karna waktu itu terbukti si Noval mencuri uang orang tuanya. Saya pun setelah capek menasehatinya akhirnya saya agak jaga jarak sama dia.

Waktu pun berlalu dan si Noval makin keranjingan CF. Bolos sekolah trus untuk maen CF. Sampai-sampai ibunya stress dan nangis2 sama saya secara anaknya yang dulu baik menjadi bejat, suka mencuri, suka bolos, nilai sekolah ancur dan suka membentak orang tuanya. Ditambah bapaknya si Noval yang tak kunjung pulang. Pada waktu itu saya hanya bisa berdoa untuk Noval untuk kembali ke jalan yang benar dan stop bermain game online, serta berdoa untuk ibunya agar tetap tabah.

Akhirnya kami lulus SMP pada Juni 2009. Alhamdulillah waktu itu Noval lulus, tapi dengan nilai yang pas-pasan. Waktu lulusan itu saya tanya ke dia, mau lanjutin dimana. Kata dia ntar aja dipikirin, lagi seru nih sama CF.

Dari terakhir kita bertemu pada waktu lulusan sampe bulan Juli 2006 itu saya tak ada kabar dari Noval. Saya mencoba telfon kerumahnya, kata ibunya anaknya itu sudah seminggu gak balik kerumah gara-gara dihajar bapaknya karna ketahuan mencuri, nakal, ngelunjak dan nglawan orang tua. Ibunya berkata sama saya waktu itu, bapaknya sudah gak nganggap Noval lagi sebagai anaknya. Dan bapaknya melarang ibunya untuk mencari anaknya itu. Saya waktu itu mencari dia kemana-mana sampai saya tanya teman-teman saya juga waktu itu tidak ketemu. Sampai saya cari ditempat biasanya dia maen game online pun, tetap saya tidak menemukan Teman saya itu.

Saya waktu itu sungguh sedih, karna sayalah dia jadi seperti itu karna saya yang memperkenalkan CF pada dia , sampai dia seperti ini Tapi apa mau dikata nasi sudah jadi bubur. saya hanya bisa berdoa agar dia baik-baik saja dan tetap dilindungi oleh Allah SWT.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6581311